Kamis, 23 Mei 2013

Mikrobiologi 1


Sejarah Mikrobiologi

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Unsur hara esensial merupakan unsur hara yang mutlak dibutuhkan tanaman dan fungsinya tidak bisa digantikan oleh unsur lain, tidak terpenuhinya salah satu unsur hara akan mengakibatkan tanaman tersebut tidak dapat menyelsaikan siklus hidupnya. Nutrien esensial yang dibutuhkan tumbuhan digolongkan menjadi makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien merupakan unsure yang diperlukan tumbuhan dalam jumlah besar. Terdapat 9 makronutrien, yang meliputi 6 unsur penyusun utama senyawa organic : karbon, hydrogen, nitrogen, sulfur, dan fosfor. 3 nutrien lainnya adalah kalium, kalsium dan magnesium. Sedangkan mikronutrien merupakan unsure yang diperlukan tumbuhan dalam jumlah yang sedikit. Terdapat 8 mikronutrien yaitu klorin, besi, boron, mangan, seng, tembaga, molybdenum, dan nikel.
Jika ketersediaan unsur hara kurang dari jumlah yang dibutuhkan tumbuhan atau melebihi jumlah yang dibutuhkan, maka tumbuhan akan terganggu metabolismenya yang secara visual dapat terlihat dari penyimpangan-penyimpangan pada pertumbuhannya, dapat dilihat dari kondisi akar, batang, daun, bunga, dan bijinya. Pada dasarnya gejala defisiensi tergantung pada 2 hal utama yaitu: Fungsi dari unsur hara tersebut dan Tingkat mobilitas suatu unsur pada tumbuhan.
Gejala defisiensi yang nampak pada tubuh tumbuhan biasanya berupa klorosis, nekrosis, layu, daun menggulung diujung atau ditepi, bercak-bercak hitam atau kuning dipermukaan daun, pucuk  terminal mati, dan bisa mengakibatkan kematian pada tumbuhan tersebut.





DAFTAR PUSTAKA


Adrian. 2011. Makalah Fisiologi Tumbuhan. (online)( http: //4ndrian0nlii.blogspot.com /2011/11/makalah-fisiologi-tumbuhan.html) diakses pada 7 maret 2012.
Agustina L. 1990. Dasar Nutrisi Tanaman. Rineka Cipta. Jakarta.
Anonimus. 2011. Unsure Hara. (online)( http://syadzlibio. blogspot.com /2011/09/unsur-hara.html) diakses pada 7 maret 2012.
Campbell. 2008. Biologi Jilid 2. Jakarta : E rlangga.
Dwidjoseputro, D.1992. Pengantar Fisiologi Tumbuhan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Lakitan, Benyamin.1993. Dasar-Dasar Fisiologi Tumbuhan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

2 komentar:

  1. Anonimus 2011 tu kan ada penulisnya... Syadzli Agus

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe maap ya ,,, itu dulu waktu bikin conect intrnet susah,,, maklum masih amatiran.. n ini baru mau mulai akti lagi.. mohon bantuannya...

      Hapus