Senin, 24 Juni 2013

ANATOMI DAN FISIOLOGI TUBUH MANUSIA


SISTEM RANGKA PADA MANUSIA


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang
Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”.( Qs. At-Tiin 95:4)dari sepotong ayat tersebut dapat diketahui bahwasannya bentuk tubuh manusia merupakan bentuk yang sebaik-baiknya dari ciptaan Allah SWT. Bentuk tubuh yang membuat manusia sempurna, sesungguhnya tersusun oleh sebuah system yang disebut dengan system rangka.
Sistem rangka adalah suatu sistem organ yang memberikan dukungan fisik pada makhluk hidup. Sistem rangka umumnya dibagi menjadi tiga tipe: eksternal, internal, dan basis cairan (rangka hidrostatik), walaupun sistem rangka hidrostatik dapat pula dikelompokkan secara terpisah dari dua jenis lainnya karena tidak adanya struktur penunjang. Rangka manusia dibentuk dari tulang tunggal atau gabungan (seperti tengkorak) yang ditunjang oleh struktur lain seperti ligamentendonotot, dan organ lainnya. Rata-rata manusia dewasa memiliki 206 tulang, walaupun jumlah ini dapat bervariasi antara individu.Sistem rangka melakukan banyak fungsi penting selain menyusun bentuk tubuh, tetapi juga sebagai perlindungan, gerakan tubuh, membentuk sel-sel darah, dan tempat penyimpanan mineral.Rangka sangat penting untuk manusia dalam menjalani hidunya, karena dengan rangka manusi dapat beraktivitas, bergerak, dan melakukan apapun yang di inginkan.
Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.”(Qs. Al-Mu’minuun 23:14). Allah telah menciptakan rangka sebagai suatu organ yang keras sehingga juga berfungsi untuk melindung organ bagian dalam tubuh, dan tempat melekatnya, organ-organ tersebut.Gerakkan  siku tangan dan lutut kaki kita dengan gerakan menekuk. Apakah anggota tulang dapat digerakkan menekuk?Mengapa bisa terjadi demikian? Jika kita  perhatikan, pada anggota badan yang tertekuk tersebut, dapat diketahui bahwa di sana terdapat 2 tulang yang saling dihubungkan. Itulah yang dimaksud persendian atau artikulasi.Dalam makalah ini akan di bahas mengenai anatomi dan fisiologi system rangka pada manusia yang termasuk di dalamnya yaitu macam-macam rangka beserta fungsinya, persendian, klasifikasi rangka dan komponen penyusun  rangka.

1.2  Rumusan masalah
1.      Bagaimanakah anatomi kerangka tubuh manusia?
2.      Bagaimanakah fisiologi system tulang manusia?

1.3  Tujuan pembuatan
Untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang system rangka manusia bagi penyusun dan pembaca.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1   Anatomi Kerangka Manusia
Rangka tubuh manusia dikelompokkan atas dua bagian yaitu skeleton aksial dan skeleton apendikular.
A. Skeleton Aksial
Terdiri atas sekelompok tulang yang menyusun poros tubuh dan memberikan dukungan dan perlindungan pada organ di kepala, leher dan badan.Rangka aksial berjumlah 80 tulang.Skeleton aksial terdiri dari:
1. Tulang Tengkorak
2. Tulang dada
3. Tulang rusuk
4. Ruas-ruas tulang belakang







Untuk lebih lengkapnya Makalah Sistem Skeleto,,, dapat di download di sini,,,,semoga bermanfaat.terimakasihhh

1 komentar: